Tuesday 26th September 2017,
Arielogis

Warna Dalam KARTA

Ariel Kahhari 09/01/2016 Fiksi 5 Comments
Warna Dalam KARTA

Jika selama ini kita menganggap pakaian hanyalah penutup tubuh semata ternyata hal itu keliru. Pakaian yang dikenakan ternyata menyiratkan pesan bagi si pemakai atau orang lain yang melihatnya. Bahkan bagaimana cara mengenakan pakaian sejalan dengan kualitas diri kita. Kesempurnaan dan kekurangan tubuh akan dengan mudah ditunjukkan dari pakaian yang dikenakan. Dengan memahami jenis pakaian yang tepat maka kita telah menempatkan diri pada posisi yang semakin menarik. Begitu pula sebaliknya pemilihan jenis baju atau pakaian yang salah akan semakin memperlihatkan kekurangan yang ada. Itu mengapa mempertimbangkan sisi kepantasan bentuk dan model baju dengan kondisi tubuh adalah sebuah keharusan.
Tidak hanya dari jenis pakaian, penilaian terhadap seseorang juga dapat dilihat dari pilihan dan kombinasi warna. Seorang pakar warna asal Amerika, Leatrice Eiseman telah memberikan banyak penjelasan tentang hubungan antara warna dengan kepribadian. Ia telah menulis enam buku yang isinya tentang warna dan warna. Colors for Your Every Mood adalah buku pertama yang ia rilis pada tahun 1998. Menurut Leatrice, warna dapat memberikan banyak signal bagi si pemakai maupun orang yang melihatnya. Bahkan salah memilih warna baju dapat membuat seseorang gagal dalam tahapan interview kerja. Maka berhati-hatilah saat memilih warna baju.

Warna dan Makna di Belakangnya
Merah
Jika anda seorang perempuan dan memiliki pasangan penyuka warna merah maka beruntunglah anda. Sebab warna merah pada lekatan tubuh pria merupakan simbol kesetiaan. Mereka tidak suka bermain api dan serius dalam menjaga sebuah hubungan. Penyuka warna merah identik dengan segala sifat positif seperti keberanian, agresif, percaya diri dan tentu saja pantang menyerah. Namun karena memiliki warna tegas, penggunaan warna merah lebih baik dihindari saat proses wawancara kerja. Leatrice menjelaskan bahwa warna merah dapat menimbulkan konflik saat negosiasi.

Saya suka warna merah , ehemm..

Saya suka warna merah , ehemm..

Berkebalikan dengan warna merah. Warna pink (merah muda) menonjolkan bagian kasih sayang meski tidak setegar warna merah yang menyala sehingga terkesan tampak lemah. Meski belakangan warna pink mulai digemari kaum pria namun sejatinya warna ini lebih mengesankan sisi kelembutan kaum hawa.

Kuning
Bila warna merah adalah warna keberuntungan bagi kaum perempuan maka warna kuning adalah kebalikannya. Pria berbahagia adalah mereka yang memiliki pasangan yang menyukai warna kuning. Warna tersebut menggambarkan sifat kesederhanaan, kehangatan, sikap rendah hati dan tidak suka yang terlalu muluk. Kecerdasan dan keaktifan dalam menjalin hubungan juga terpancarkan dari warna kuning yang dikenakan perempuan. Lalu bagaimana jika ada pasangan yang keduanya menyukai warna merah dan kuning. Terdengar begitu sempurna bukan.

Biru
Langit biru adalah penanda jika alam tengah cerah, tenang dan stabil. Begitulah warna biru digambarkan. Mereka yang menfavoritkan warna biru sebagai kegemaran adalah orang yang cenderung memiliki pembawaan yang tenang, hati yang sejuk, cerdas dalam bertindak dan bekerja keras dalam berusaha. Bahkan mereka yang menyukai warna ini diuntungkan karena warna biru dapat dipakai saat kapan saja baik kegiatan formal maupun non formal.

Kaos bisa untuk suasana santai

Kaos bisa untuk suasana santai

Hitam dan Putih

Tidak perlu merasa heran apabila dalam sebuah diskusi alot ada teman yang menggemari warna putih lalu dia hanya terdiam. Penyuka warna ini memang dasarnya tidak menyukai keributan dan lebih memilih bersikap netral dalam sebuah perdebatan. Orang-orang yang menfavoritkan warna putih cenderung tidak memihak dan bersikap adil. Tidak hanya itu warna putih yang melambangkan kesucian ini juga cenderung terbuka dengan siapa saja, senang menebar kebaikan dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Berbeda dengan putih, warna hitam dalam sudut pandang psikologi adalah simbol dari kemurungan. Mereka yang menyukai warna hitam dihubungkan dengan sesuatu yang sifatnya tidak menggembirakan dan kesedihan. Penyuka hitam juga cenderung tertutup. Namun banyak alasan mengapa seseorang memilih menggunakan warna hitam. Selain dapat membuat seseorang tampak lebih kurus, warna hitam juga mudah untuk dipandakan dengan warna lain dan bersifat lebih elegan dan timeless.

Kaos KARTA lengan pendek ini cuma seharga Rp. 40.000 Saja

Kaos KARTA Lengan pendek ini cuma Rp. 40.000 Saja

 

Hijau

Jika biru adalah langit maka hijau adalah rimbunnya hutan. Mereka penyuka warna hijau adalah pelindung, pengayom dan pemberi rasa tenang bagi sekitar. Secara psikologi, seseorang yang menyukai warna ini juga cenderung percaya diri. Hal tersebut mengingat warna hijau yang terang menjadi sorotan di tengah keramaian. Hijau juga menunjukkan keadaan emosi yang stabil serta kemurahan hati.

Abu-Abu

Anda peminat warna abu-abu cobalah belajar untuk menyukai warna lain. Secara psikologi, seseorang yang menyukai warna ini memiliki sifat yang sulit ditebak bahkan cenderung tidak jelas. Positifnya, penyuka warna abu-abu lebih hati-hati dalam mengambil keputusan. Banyak hal yang menjadi pertimbangan dan semua dipikirkan secara matang. Namun sayangnya mereka mudah dipengaruhi oleh orang lain atau lingkungan sekitar. Sikap ini menjadikan penyuka abu-abu tampak kurang tegas.

Karta lengan panjang seharga Rp. 45 ribu

KARTA lengan panjang seharga Rp. 45.000

KARTA memberi banyak pilihan warna

KARTA memberi banyak pilihan warna

Demikianlah Leatrice Eiseman menjelaskan makna di balik sebuah warna. Jangan sampai buruknya kombinasi warna menjadikan kita sebagai sorotan. Jika telah mengerti maka kini tinggal lagi memilih baju yang pantas untuk dikenakan. Ingat, pilihlah baju dan warna yang dapat memancarkan energi positif bagi sekitar. KARTA mungkin tepat untuk dijadikan sebagai pilihan.

***

tertarik untuk mengenal KARTA lebih dekat, hubungi WA : 082136014995,  IG : @karta.id

sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Leatrice_Eiseman

http://www.puncakbukit.net/2013/11/psikologi-arti-warna-sebuah-kaos.html

https://www.brilio.net/life/5-alasan-mengapa-orang-suka-memakai-pakaian-berwarna-hitam-150517r.html







Like this Article? Share it!

About The Author

TV Jurnalis, New Anchor, Ayah dua anak, Dosen, Alumni Unsyiah dan UGM Yogya.

5 Comments

  1. TM 30/01/2016 at 09:00

    Jadi knp bg ariel gk gunain baju Hitam?

  2. Aci 16/01/2016 at 07:23

    Menggunakan baju yg terlihat ketat mengirimkan pesan kepada orang-orang “saya agak gendutan…”

    • Ariel Kahhari 16/01/2016 at 09:59

      bukan… pesannya adalah ” ukuran bajunya habis..”

  3. Yudi Randa 10/01/2016 at 19:10

    bang.. ada bawa pulang lebih kan?? :D

Leave A Response