Tuesday 21st November 2017,
Arielogis

Kartu ATM Tertelan, Jangan Takut..

Ariel Kahhari 05/02/2014 Suara Langit 59 Comments
Kartu ATM Tertelan, Jangan Takut..

Hari Minggu pada pertengahan September 2013, seharusnya menjadi hari yang menyenangkan. Tetapi kondisinya berbalik menjadi hari yang menakutkan. Saat itu saya tengah berada di sebuah Mall di kawasan Depok. Setelah selesai membeli dasi pesanan abang saya pun langsung menuju ke ruang ATM yang berada di lantai dasar Mall. Saya perlu menarik uang sebab besok paginya saya akan terbang ke Banda Aceh.

Di Mall ini ruang ATM nya terbilang cukup luas. Terdapat mesin ATM yang berjejer rapi. Ada beberapa jenis mesin dari Bank yang berbeda. Karena suasana Mall sedang ramai dan mereka yang hendak mengambil uang juga mengular saya pun ikut mengantri. Hingga akhirnya giliran saya tiba.

Awalnya semua berjalan lancar. Satu persatu instruksi yang tampak pada layar saya lakukan dengan benar. Mesin ATM pun memberikan respon seperti biasa. Kalimat ”Transaksi anda sedang diproses” juga muncul. Tapi tiba-tiba lampu di mesin ATM mulai kedap kedip. “Demi keamanan, kartu anda tertelan”. Saya terpaku bingung. Uang tidak keluar begitu juga dengan kartu ATM. Saya panik. Beberapa orang yang berada di dalam ruang ATM juga coba membantu. Tapi hasilnya nihil. Kartu yang tertelan tidak bisa diambil. Saya coba menghubungi pihak keamanan. Tapi kata petugas Mall, pihak bank baru saja pulang setelah menyetor uang dalam mesin. Dan di Mall tersebut tidak ada perwakilan Bank. Ditambah lagi hari itu adalah hari minggu.

Saya menelepon beberapa teman yang bekerja di perbankan. Mereka yang saya tanya semuanya menyarankan agar saya segera memblokir rekening. Saya pun berinisiatif untuk menelepon Call Center.

“Bisa disebutkan nomor rekening Bank Mandiri-nya mas?” tanya si mbak operator.

Saya terdiam. Kok mandiri sih, Kan kartunya BRI. Lah ternyata saya salah nomor. Obrolan saya hentikan tanpa salam. Saya semakin bingung sekaligus pasrah. Sempat terpikir untuk mengabaikan kejadian ini. Saya berpikir uang dalam rekening juga tidak terlalu banyak jadi untuk apa dipersoalkan.

Akhirnya saya pulang. Masalah ini saya selesaikan saat tiba di Banda Aceh. Itupun beberapa minggu setelahnya. Saat itu kondisinya adalah saya tidak hanya kehilangan kartu ATM tapi juga buku tabungan. Saya salah karena tidak cermat dalam menyimpan buku tabungan. Selama ini rekening tabungan juga menerima gaji bulanan dari kantor. Karena keduanya hilang saya tidak bisa menarik uang gaji untuk beberapa pekan.  Dan ternyata kehilangan buku tabungan ini semakin memperumit masalah.

Nah belajar dari pengalaman ini, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan kalau ATM kita tertelan.

  1. Laporkan kepada pihak Bank.

Kalau kartu ATM tertelan usahakan untuk tetap tenang alias tidak panik. Segera laporkan masalah tersebut ke pihak Bank. Jika lokasi mesin ATM berada dalam satu gedung Bank yang sama, maka tinggal lapor saja ke security Bank. Kartu ATM bisa langsung diambil. Tapi masalahnya kalau kartu ATM tertelan saat jam kerja usai atau jauh dari gedung Bank tentu jalan ini tidak dapat dilakukan.

  1. Hubungi Call Center Bank untuk memblokir rekening.

Kalau ATM kita tertelan bukan di Bank tapi di Mall, Rumah Sakit, Hotel  atau lokasi yang jauh dari Bank maka segera hubungi call center. Tapi ingat sebelum menghubungi call center anda harus mencatat beberapa hal penting. Seperti no mesin ATM. Nomor rekening, jumlah saldo dalam rekening tersebut dan tentu saja kronologis kejadiannya.

Data tersebut menjadi informasi penting saat kita melapor ke pihak call center Bank. Harus dipahami jika petugas call center hanya bisa memblokir tabungan tapi tidak bisa mengembalikan kartu ATM yang hilang.

Dan ini nomor call center masing masing Bank;

  • ANZ                                                       500269
  • BCA                                                        500888
  • BNI                                                         500046
  • BRI                                                         14017
  • BUKOPIN                                             14005
  • MANDIRI                                             14000
  • DANAMON                                         67777
  • MEGA                                                   500010
  • PERMATA                                            500111
  • ICB BUMIPUTERA                            500188
  • CIMB NIAGA                                      14041
  • UOB                                                       14008
  • BSM                                                       14040
  • CITIBANK                                             69999
  • MUAMMALAT                                  500016

 

call center

ilustrasi petugas call center (taken from http://www.haaretz.com)

  1. Buat surat kehilangan di kantor polisi.

Kalau rekening sudah diblokir maka segera hubungi pihak kepolisian. Waktu itu saya membuat pengaduan di Polsek Kuta Alam Banda Aceh meski hilangnya di Depok sana. Tinggal sampaikan saja kebutuhannya kepada petugas , surat keterangan nya pun selesai dalam hitungan menit. Ingat jangan ada praktek pungli ya.

  1. Ke Bank urus ATM hilang.

Bermodalkan surat hilang dari pihak kepolisian maka pihak Bank akan segera mengeluarkan kartu ATM yang baru. Selain menunjukkan surat hilang jangan lupa sertakan pula buku tabungan asli.

Nah karena saat itu saya kehilangan kartu ATM dan buku tabungan,  dalam surat keterangan kepolisian saya menyebutkan keduanya. Dengan demikian pihak Bank mengeluarkan buku dengan no rekening baru plus kartu ATMnya. Uang yang ada di dalam rekening lama semuanya dimutasi ke rekening baru. Rekening lama otomatis tidak berlaku. Pihak Bank tidak bisa mengeluarkan buku baru dengan nomor rekening lama.

So Cukup simple kan menyelesaikan masalah kartu ATM yang tertelan. Yang penting tenang. Semua masalah bisa diselesaikan. Selamat Mencoba..

 ***







Like this Article? Share it!

About The Author

TV Jurnalis, New Anchor, Ayah dua anak, Dosen, Alumni Unsyiah dan UGM Yogya.

59 Comments

  1. setyo widodo 21/02/2016 at 15:21

    Kalo nggak pake surat kehilangan dari polsek ttep bisa lancar apa ikutan sulit ngurusnya ya mas

  2. rahma 14/07/2015 at 07:12

    Ikut sharing..kl aku lbh rumit lg…kartu acces card ku dr bank jp morgan amerika…itu fungsinya untuk ambil uang bulanan kl suami gajian…rekening atas nama suamiku juga…kmrn tgl 13 juli jam 8 mlm, kartu itu ketelan di atm BNI, utk transaksi terakhir uang yang blm keluar sejumlah 2jt…atm ga keluar uang jg ga keluar…bingung….

    Pagi nya lgsng ke BNI, tp penjelasannya ga memuaskan, intinya aku ga bisa mengurus uang nya jg kartunya…nanti kartunya akn di musnahkan, utk keamanan pemilik rekening, trus karena aku bkn pemilik rekening maka ga bisa ngapa2in,,,pdhal suami br 4 bln lg pulang ke indonesia…haduhhh…trus uangku gmn nasibnya….ada ide ga mas???

    • Ariel Kahhari 14/07/2015 at 11:01

      mungkin karena kartunya jp morgan amerika makanya BNI ngak bisa kasih jawaban yang memuaskan. apakah JP Morgan punya cabang di Indonesia? atau apakah suaminya masih berada di Amerika? kalau suaminya masih disana, coba dikonsultasikan dengan pihak bank disana. jangan -jangan bisa dikeluarkan kartu baru dan dikirimkan ke Indonesia.

  3. lili 11/07/2015 at 12:39

    Bg mau ny, klu atm bank RIAU ketelan di bank BRI, bisa balik gak?, atau dipatahkan? Soalnya itu atm sekalian jadi karpeg(kartu pegawai)

    • Ariel Kahhari 13/07/2015 at 03:57

      bisa atau ngak nya tergantung sih. kalau mesin atm nya berada dalam gedung bak BRI minta aja bantuan security nya. apalagi kalau kartum ATM juga sekalian jadi karpeg. insyaAllah di bantu. kalau mesin nya tidak dalam satu gedung Bank BRI saran saya jumpai CS Bank Riau

  4. IMAS TASIK 20/06/2015 at 00:38

    Pagi kejadian nya sama mas ariel semalam saudara saya jg tertelan atmnya di mini market dia bingung dan agak panik sdh telp call center untuk di blokir…kira2 uang nya aman tdk ya…langkah selanjutnya bagaimana apa sama seperti yg di lakukan mas ariel…makasih

    • Ariel Kahhari 20/06/2015 at 07:03

      kalau sudah hubungi pihak bank dan minta diblokir insyaAllah aman. bagusnya ke bank bersangkutan aja. coba tanya ke coustemer service, dari sana akan dikasih solusi. apakah buat surat hilang atau cukup sertakan buku tabungan, kartu atm bisa dibuat baru..

  5. Nohong 09/05/2015 at 00:38

    Sy jg mengalami atm tertelan mesin atm muamalat, jd khawatir juga, kejadian nya malam sabtu mana kantor sdh tutup, akhirnya sy coba hubungi call center bank muamalat malam itu tp tidak berhasil, karena belum tahu urutan penganduannya, besoknya baru hubungi lagi, tembus, kartu sy minta diblokir, menurut Cs nya kartu sdh diblokir dan sy coba cek saldo terakhir sy dan benar masih utuh, tp sy masih khawatir karena sy belum bisa komfirmasi langsung ke Banknya hari ini (hari Sabtu msh libur). bukan apa2 masalahnya kita banyak mendengar kasus adanya Cs palsu. Tapi mudah-mudahan yg sy hubungi itu adalah benar Cs dari Bank muamalat. tksh

    • Ariel Kahhari 09/05/2015 at 09:14

      kalau Nomor call center yang dihubungi adalah nomor resmi, insyaAllah bukan penipuan..

  6. VIDI 02/05/2015 at 09:42

    kartu ATM saya ketingalan di mesin ATM , tapi tidak tahu kehilangan nya di telan mesin ATM atau sudah di ambil oleh orang lain, jadi gimana solusi nya gan ?

    • Ariel Kahhari 05/05/2015 at 11:43

      Langsung saja ke CS bank yang mengeluarkan kartu atm. nanti akan dijelaskan langkah berikutnya. biasanya kalau kartunya tertelan di mesin yang berada di satu bangunan dengan Bank mereka akan segera mengecek. apakah kartu nya masih ada atau tidak. kalau tidak masih bisa diurus kok..

  7. iwan aca 22/02/2015 at 08:45

    Mohon info dong bang kalau mandiri ATM tertelan di atm HSBC diluar negeri dan sudah dilaporkan untuk pemblokiran lalu hari berikutnya bisa diambil bisakah saya buka kembali belokir tersebut via telepon
    terima kasih

  8. fani 21/02/2015 at 04:15

    kalu misale gak buat atm baru,kira” masih bisa diambil dikantor bank terdekat melalui buku rekening apa gak?

    • Ariel Kahhari 23/02/2015 at 10:53

      ngambil uang via buku rekening? tentu saja bisa..

  9. Muhammad Iqbal 14/02/2015 at 01:01

    Kenapa di urus di Aceh ? kan kasusnya di depok

  10. Nick Fernandos Tambunan 01/02/2015 at 15:26

    Saya baru mengalami kartu atm yang ketelan kemaren hari sabtu tgl 31-01-2015. Memang hari itu siang saya sdh bad feeling. Saat saya mau mengambil uang di atm di sebuah bank ga jauh dari rumah nah setelah memasukan kartu ke mesin dan melakukan semua proses intruksi utk penarikan tunai tapi ga seperti biasa prosesnya lama uang blm keluar & msh ada tulisan mohon tunggu permintaan sedang diproses tapi kartu sudah keluar. Sebelumnya belum pernah mengalami hal seperti ini. Nah krn uang yang 2 juta ingin saya tarik itu blm juga keluar sy blm mengambil keluar kartu tsb krn tulisan di layar jg mengatakan “mohon tunggu” eh gitu uangnya keluar & saya mau ambil kartu atm nya eh kartunya tiba² masuk lagi dan krn atm ini berada di bank saya tanyakan hal itu ke securrity bank tsb dan dia mengatakan tertelan dan suruh sy blokir dg telp no call center bank tsb tapu krn sy hub sibuk melulu sy pulang krn securrity tsb jg mengatakan kartu atm yg ketelan ga bisa keluar otonatis pasti aman didlm akhirnya sy pulang & menceritakan yg sy alami ke nyokap yg kebetulan bekerja di departemen keuangan dan blm lama pindah ke OJK dan nyokap kelihatan santai ternyata kata nyokap itu ga perlu diblokir nanti senin bisa diurus dikbanj yg berada dikantor nyokap kebetulan dikantor itu sy buka rekeningnya.Ternyata stlh sy cerita hal tsb tetangga sy yg jg prnh mengalami hal yang sama menuturkan ga perlu diblokir nunggu senin ini cepat² duurus buat duambil ke bank tempat rekening ini dibuka. Oh yasudah ada perasaan lega. Eh taunya nyokap pagi dini hari masuk rumah sakit ga tau deh siapa yg ngurus bsk. Kebetulan iseng² search di google dan menemukan laman ini dan ternyata ada yang mengalami yang sama persisi kronologis kejadiannya dan harinya.

    • Ariel Kahhari 06/02/2015 at 08:07

      yang pertama semoga Ibu dalam kondisi sehat dan dapat kembali beraktifitas.. lalu bagaimana kelanjutan cerita nya? kalau hilang di atm yang masih berada dalam satu gedung bank seharusnya bisa langsung diambil.. seharusnya.., tapi aneh juga ya kok malah suruh blokir.

  11. ayunda 18/01/2015 at 14:28

    Barusan kartu BCA ku ketelan gegara mesin nya rusak..tp uda ku blokir..kira2 kalo dibikin lagi kartunya..tp no rekening nya tetep sama bisa gak ya?

    • Ariel Kahhari 22/01/2015 at 05:13

      bisa… tinggal ke CS aja. tapi mereka bakal minta surat kehilangan dr polisi..

      • ayunda 26/01/2015 at 03:29

        Makasih infonya..tp kmren sy dateng lgsung ke cs tanpa bw surat lap kehilangan dr polisi bisa kok..nggak nyampe 5menit udah jadi kartu baru..ngga kena biaya juga cm bw bku tabungan sm ktp asli

  12. juny 06/12/2014 at 08:35

    pak mau nanya, barusan atm ku ketelen mesin, kebetulan pas hari sabtu, tapi uangnya uda saya ambil, pas tekan menu “keluar” atm nya ketelen. menurut bapak, kalo saya ga blokir atm saya apakah aman? karena seingat saya, saya udah tekan menu keluar tapi atm nya ga keluar,

    • Ariel Kahhari 02/01/2015 at 23:24

      Kalau hari senin nya kartu ATM bisa langsung diambil kembali sih ngak perlu blokir. coba hubungi pihak bank. tanya apakah kartu yang sudah tertelan bisa diambil kembali?? kalau tidak bagaimana langkah berikutnya..

  13. agril 22/10/2014 at 22:51

    klau gk lapor ke polisian bisa gk mas

    • arielkahhari 23/10/2014 at 02:40

      Bisa aja tapi pas ke bank minta kartu baru pasti ditanya kartu lama kemana, kalau jawab nya hilang pasti diminta surat ket polisi, kalau pun bohong karirnya ketinggalan pasti diminta buat ambil, atau ngakunya rusak/ patah pasti diminta untuk dibawa buat dilihat secara langsung… pihak bank ngak bisa mengeluarkan dua kartu dan buku dengan rekening yg sama

  14. eka sri handayani 20/10/2014 at 17:02

    hhaaadduuucchhh,,:(,ini pengalaman q yang pertama kartu atm tertelan…kalau gax menghubungi call center bisa gx ya,,jd langsung ke pihak kepolisian m bank,,,soalnya aq baru masuk’in kartu n d monitornya gx ada pilihan,,tw2 kartu tertelan n gx bsa keluar.:(,,pdhl ambil uang mw buat byr uang semesteran..

    • arielkahhari 20/10/2014 at 17:26

      jangan, hubungi pihak call center.. suruh blokir dulu. dari pada dari pada… abis di blokir baru buat surat kehilangan dan langkah berikutnya…

      • eka sri handayani 20/10/2014 at 20:27

        tapi aq telfon sbuk trs kax……trus aq jga gx hfl no. rekening q,,,trs bku tabungan q ada di rumah,,,mw tny orang rmah aq kn cma tnggl m ne2k q,,,,,aq harus gmna dunx kax? :(

  15. Agung 15/09/2014 at 06:06

    Cara mudah mengelabui mesin atm dengan kartu atm kita uang keluar saldo tidak berkurang ada deh caranya

  16. Sauqi Ilham 21/07/2014 at 00:39

    Lapor/Buat ATM yang hilangnya di Bank persis awal kita buat ATM atau bsa di cabang bank yang lain??

    • arielkahhari 23/07/2014 at 12:44

      kalau BRI harus tetap melapor ke bank tempat rekening awal dibuka

  17. ingga 09/04/2014 at 08:26

    Kak, itu buat atm baru terus saldonya bali kayak dulu atau engga?

    • arielkahhari 09/04/2014 at 11:06

      iya balik dong. kalo masih pake rekening lama malah ngak ada masalah. kalo pake rekening baru langsung di transfer dr rekening lama . jd ngak ada masalah

    • arielkahhari 25/04/2014 at 07:14

      tetep balik, karena atm kan cuma alat buat narik duit. sementara uang tersimpan dalam rekening

  18. azharterharu 06/03/2014 at 10:31

    baru tau,,,

  19. Liza-fathia.com 06/02/2014 at 14:05

    jiah, kirain ada solusi lain bang. kalo yang seperti ini udah tau :)

    • arielkahhari 06/02/2014 at 14:14

      hahhah.. banyak hei za yang ngak tau. kayak kawan abang, dia tertelan atm nya di muammalat ulee kareng. kan tinggal ke cs atau security nya. ngak tau pun dia. payah ta tuntun lewat bbm.. maka lahirlah tulisan ini… hehhe

  20. Mira 06/02/2014 at 12:56

    hahaha..pernah juga, sempat panik dan manggil security. eh g tau nya karena salah masukin pin 3x, makanya ketelan :D

    • arielkahhari 06/02/2014 at 13:46

      trus si satpam bilang apa pas tau kejadian kek gitu?? ” trus masalah buat gue??” gitu ya?? hhhehe

  21. azhariscm 06/02/2014 at 08:18

    Pernah sih kejadian Atm tertelan, bahkan udh beberapa kali. Yang paling sedih pengalaman pertma kalinya ketika semester 1 jadi atm tertelan dan uang 1 jutapun raib.

    pengalaman ke 2 dan selanjutnya langsung menelepon no pihak bank agar memblokir segala aktivitas perbankan.

    Dan sekarang Atm lagi kosong total kalau tertelan malu mau lapor ke pihak bank….hejeheje

    • arielkahhari 06/02/2014 at 11:54

      penggalan kalimat terakhir menarik hehhe. tapi kok hilang atm trus 1 juta bisa ilang juga? gmn ceritanya?

  22. Cut Isyana 06/02/2014 at 05:40

    hayah, serem banget bisa tiba-tiba ketelen begitu kartu ATMnya -_-

    • arielkahhari 06/02/2014 at 05:48

      salah satu penyebab kartu atm bisa tertelan adalah karena kondisi kartu yang sudah “tua”. emang dimana mana tua itu menjadi serba terbatas..kalau liat kartu atm mulai “menua” langsung minta ganti ke pihak bank aza

      • Cut Isyana 06/02/2014 at 05:51

        Oh gitu.. makasih bang ilmu kartu atm-nya

  23. hijrahheiji25 06/02/2014 at 04:32

    Makanya jangan lama2 nariknya bro…kalo orang Aceh bilang,bek lee teunget ngon jaga! (Ka carong kan lon) haha

    • arielkahhari 06/02/2014 at 04:37

      ihh kamu ya mirip ibu2 yang di atm itu hahha, wong duitnya belum keluar kok mas bro. apanya yang mau ditarik…

  24. Aulia 05/02/2014 at 10:28

    itu mesin lama-lama ditarik suka nelan, bahkan uang yang lama ditarik pun bisa ditelan lagi. duh :)

    • arielkahhari 06/02/2014 at 04:03

      emang emng tu mesin gatai…. suka diperhatiin hahhaha

  25. nola 05/02/2014 at 09:46

    kejadian ini sama bgt dengan peristiwa yg nola alami di tahun 2010 lalu. atm ketelen di mesin ATM ketika sedang di salah satu Mall di Jakarta. alhasil ngurusnya harus ketika pulang di Padang….tp sempet heran juga ketika pengurusan ternyata lumayan lama jg keluar kartu ATM baru. Namun experience ini bagus jg untuk mengingatkan kita bahwa ketika kita panik itu akan semakin memperburuk keadaan …so be calm and secepatnya bwt Kartu ATM baru hehehehehe

    • arielkahhari 06/02/2014 at 04:01

      masa lama nola? kalo ada buku tabungan bukannya langsung dibuat kartunya saat itu juga? eh blognya gmn?

  26. Feº A 05/02/2014 at 09:33

    makanya kalo milih cemilan itu donat ato kerupuk, jangan ATM tertelan ga enak banget….

    • arielkahhari 06/02/2014 at 04:01

      hahah pernah kejadian ketelan atm di luar negeri kak?? ngak dong ya.. kan kartu kredit.. aseekk hahhah

      • Feº A 06/02/2014 at 13:39

        sering ketelan ctm (antihistamin) .jangan ketelan atm deh..kalo hilang kartu kredit sih sering diluar sono…bukan kecopetan, lupa minta balik..itu tagihan telpon ngeblokirnya aja mahalnya ampun2..call center kan suru tekan ini tekan itu udah berapa menit

        • arielkahhari 06/02/2014 at 13:45

          iya kadang2 call center bukannya membantu malah ngerepotin… kenapa ngak pas mencet langsung kehubung ke operator, trus pas disapa langsung ditanya apa kebutuhannya. setelah tau baru di ext kan kemana gt. oya tu kartu kredit gmn caranya? ngambil lagi atau gmn??

          • Feº A 06/02/2014 at 14:03

            ya minta kartu baru setelah sampai Indo, mana mba tuh kartu kredit ga banyak, cuma satu visa satu master..tapi cukup kok buat backpackingan, kan ticket2 intinya sudah beli semua. atm ilang tuh ada 3x kyknya..kelewatan ya hahaaa….nyadarnya setalah pindah negara pula

          • arielkahhari 06/02/2014 at 14:04

            kalo dah 3x namanya hobi mbak hahhah…

          • Feº A 06/02/2014 at 14:11

            hahahaha…ngeledek

Leave A Response