Mungkin cerita ini kurang nyambung kalo dibaca sama anak anak kelahiran era Milenium. Karena cerita ini hadir diera 90an atau bahkan lebih awal dari itu. Tapi yang lahir di era 90an dan tumbuh berkembang di era 2000an  ngak ada salahnya baca tulisan ini. Ya itung itung kembali ke zaman lampau…:D

Siapa yang tidak kenal dengan program Dunia Dalam Berita. Program berita di TVRI yang menyajikan berita dan informasi dari Mancanegara. Program ini hadir sejak tahun 1974 dan bawakan oleh dua orang presenter.  Mengudara setiap hari mulai pukul 21.00 WIB hingga 21.30 WIB. Namun awalnya program ini bernama Berita Dunia TVRI.

Ketika aku kecil program Dunia Dalam Berita adalah program yang eksklusif. Karena hanya (Alm) Ayahku yang menyaksikan program ini. Jadi kalo musik pembuka Dunia Dalam Berita sudah dimulai, semuanya bubar! Ayahku memang serius betul menyimak setiap berita yang kala itu didominasi isu Palestina, perang teluk dan lain lain. Hal berat untuk diriku yang masih duduk di bangku SD.

Mungkin beda ya antara zaman sekarang zaman dulu. Kalau dulu jam sembilan malam itu berasa larut banget. Jam sembilan menjadi indikator saatnya anak anak beranjak tidur. Segala bentuk aktifitas malam seperti ngerjain PR, makan malam harus diselesaikan dibawah jam sembilan.

Tapi untuk hari hari tertentu anak anak diizinkan tidur agak lebih larut. Misalnya ketika ada drama siti nurbaya atau sengsara membawa nikmat. Bukan karena menyaksikan sinetron, melainkan karena seru melihat banyak tetangga datang berduyun duyun buat nonton bareng.

Dulu Televisi itu masih menjadi hal yang mewah dan mahal. Sehingga tetangga yang mempunyai televisi, membuka pintu rumahnya lebar lebar buat para tetangga. [Silaturahimnya oke banget ya].

Tapi sayang sekarang program Dunia Dalam Berita sudah ngak ada. TVRI menggabungkan program ini kedalam program Indonesia Malam yang mengudara mulai pukul tujuh malam. Padahal program Dunia Dalam berita menjadi icon TVRI sejak dulu. Mungkin untuk yang satu ini TVRI punya alasan tersendiri.

Nah yang kangen atau penasaran dengan Program Dunia Dalam Berita, silahkan simak tayangan berikut

http://www.youtube.com/watch?v=WGFiBu_-hc8

So kalo Dunia Dalam Berita uda ngak ada, sekarang indikator buat anak anak kalo malam uda larut apa ya? 

**

30092013, menunggu jemputan buat liputan haji.