Sunday 24th September 2017,
Arielogis

DELAY, SIAPA TAKUT.

Ariel Kahhari 16/09/2013 Suara Langit 12 Comments

Delay adalah hal yang paling menyebalkan. Duduk diruang tunggu sambil memperhatikan jam. Kapan waktunya terbang.  Namun telah menjadi resiko jika bepergian dengan pesawat, ya siap siap delay. Tapi delay tetap menjadi “menarik”ketika siap menjalani nya dengan melakukan sejumlah trik.

bandara

Penumpang di ruang tunggu Bandara

Sudah pukul 11,20 WIB. Seharusnya penumpang Lion Air tujuan Banda Aceh sudah masuk ke dalam pesawat. Tapi keinginan itu harus dipendam dalam-dalam. Pasalnya petugas mengumumkan jika penerbangan ke Banda Aceh mengalami delay hingga satu jam. Alasannya pesawat yang datang dari Bengkulu juga mengalami keterlambatan.


Penumpang yang sedari tadi menunggu bersorak tanda kecewa.  Seorang penumpang yang menggendong putrinya bahkan mengaku sangat kesal. Karena ketika mendengar panggilan petugas, dirinya mengira pesawat akan segera terbang. Belakangan dia baru tau jika pesawat delay. Penumpang yang kecewa memilih duduk.
kisah di atas adalah satu dari sekian banyak cerita yang dihadapi oleh para penumpang. Delay seakan menjadi momok yang paling menakutkan.  Padahal banyak hal yang dapat kita lakukan ketika penerbangan tidak dilakukan tepat waktu alias delay. Dan berikut tips nya:

1, Membaca
Sebaiknya sebelum berangkat ke bandara, kita telah menyiapkan bahan bacaan. Buku, majalah atau koran adalah beberapa pilihan yang dapat kita persiapkan. Biasanya buku atau majalah favorit dapat membuat kita melupakan sejenak kekesalan karena keterlambatan penerbangan.
Buku dan majalah atau bahan bacaan lainnya lebih baik dipersiapkan lebih awal. Disarankan untuk tidak membeli bahan bacaan di dalam terminal keberangkatan karena dapat dipastikan harganya naik berlipat ganda dari harga normal.

2, Browsing
Dengan semakin canggihnya tekhnologi maka semakin mudah pula kita mengakses internet. Kebanyakan Bandara Internasional telah dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis. Jadi silahkan saja manfaatkan waktu dengan searching, browsing,chating . Jangan lupa update status di facebook atau mention di twitter dengan narasi yang menarik. Siapa tau hal tersebut mengundang respon dari teman teman.

3,Ibadah
Di Indonesia fasilitas mushalla  memang sudah termasuk dalam fasilitas pendukung Bandara yang dapat dimanfaatkan oleh para penumpang. Nah kalau pesawat mengalami keterlambatan tidak ada salah nya kita manfaatkan waktu dengan melakukan kegiatan ibadah. Sholat dhuha atau sholat sunat lainnya, zikir bahkan membaca Al- quran. Dengan demikian hati semakin tenang dan tentu saja mendapatkan pahala, insyaAllah

4, Hunting “oleh oleh”
Tips yang satu ini tentu saja diperuntukkan bagi mereka yang berduit. Delay bukan berarti kiamat. Manjakan mata dengan melihat barang dagangan yang dijual didalam ruang terminal keberangkatan. tapi tetaplah bijak dalam berbelanja. Beli “oleh oleh” yang  benar benar menjadi kebutuhan.

5, Refleksi
Bayangkan jika anda transit dari perjalanan jauh kemudian pesawat berikutnya mengalami delay. Pasti badan semakin lelah. Jika demikian pijat badan dan kaki anda dengan menikmati fasilitas refleksi yang ada di dalam bandara. Refleksi biasanya akan dilakukan selama 30 menit hingga satu jam. Sambil dipijat tentu saja anda dapat istirahat sejenak mengembalikan energi yang terkuras.

Demikian sejumlah tips yang dapat dilakukan jika pesawat yang akan menerbangkan anda mengalami keterlambatan. Dengan demikian delay, siapa takut.

16092013







Like this Article? Share it!

About The Author

TV Jurnalis, New Anchor, Ayah dua anak, Dosen, Alumni Unsyiah dan UGM Yogya.

12 Comments

  1. Akhie Alam 21/02/2015 at 08:26

    Kasian supir taxi, kesetiaan mereka nunggu penumpang tak kenal waktu. Semalam nunggu Lion delay sampe jam 2 (seharusnya jam 21.30), begitu landed penumpang cuma 9 orang… Ka rame taxi ngen penumpang…

  2. alaika 17/09/2013 at 09:58

    Saya sering mengalami hal ini, dan biasanya daripada membiarkan hati larut dalam kecewa dan marah, akhirnya saya biasanya malah browsing, bikin postingan atau hanya sekedar baca atau chat dengan teman. Biasanya efektif mengusir kekesalan dan kejenuhan. :)

    Nice share, Ariel!

    • arielkahhari 17/09/2013 at 12:43

      iya ya, apalagi pake pesawat kepala singa.. hmmm

  3. Mira 17/09/2013 at 07:11

    point 1 & 2 selalu jadi pilihan utama :D , hmm..perlu ditambah 1 lagi nih, tidur :D, terutama utk yg bakalan ngelanjutin penerbangan lagi, itung2 istirahat :D

    • arielkahhari 17/09/2013 at 07:12

      betulll… tapi jangan ke blabasan. nanti ditinggal peswat hhehhe

  4. Ihan 17/09/2013 at 06:37

    no.1

  5. Fardelyn Hacky 17/09/2013 at 05:52

    Ini siapa yang buat template kaya gini? pasti ferhat ya? :p

    • arielkahhari 17/09/2013 at 05:54

      ngak dong, aq kan baru pulang training di jekardah… hahha. makanya semangat buat blog

  6. berush67 16/09/2013 at 14:40

    dalam hal ini , aktivitas membaca merupakan hal yang paling menyenangkan dilakukan ketika delay pesawat terjadi. ditambah dengan browsing , lebih ok lagi ….thx tips nya :)

    • arielkahhari 17/09/2013 at 05:40

      yup bener banget, pernah ngerasain delay juga??

Leave A Response